blog yg membawa inspirasi bagi anak negeri

Tim TKJ SMK 75 Dua Purwokerto masuk Sebagai 104 Inovator Indonesia


Purwokerto, Tim inovator dari Teknik Komputer Jaringan – SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto yang terdiri dari Taufiq Ariefianto S.Pd, Wiku Anggita Dananjaya S.Kom, Sasetyo Nugroho SE dari (pengajar) dan Kristiono, Sri Artika Sari (siswa) telah meraih tiga penghargaan sekaligus yaitu : sebagai 104 Inovator Indonesia yang pengukuhannya pada saat hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Bandung oleh Presiden RI SBY pada tanggal 30 Agustus 2012, Juara Utama 1 Tingkat Propinsi Jawa Tengah dalam lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2012 yang penyerahan penghargaan dilakukan pada saat pembukaan Pekan Produk dan Inovasi di PRPP Semarang tanggal 6 September 2012 oleh Bapak Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Juara 1 Tingkat Kabupaten Banyumas dalam lomba Kreatifitas Inovasi Masyarakat (Krenova) 2012 yang penyerahan penghargaannya dilakukan diruang salon Bapak Bupati Banyumas Mardjoko pada tanggal 4 September 2012 bersama dengan 2 pemenang lainnya. Hasil yang telah dicapai tersebut tidak terlepas dari dukungan semua civitas akademika di SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto khususnya tim pengembang dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Komunitas Siswa Tekaje (Komtek).

Menurut Kepala SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto, Drs. Muh. Rifqi, alat tersebut pertama kali diperkenalkan pada saat pameran pencanangan Banyumas sebagai Kabupaten Vokasi oleh Mendikbud Mohammad Nuh, pertengahan tahun 2011 yang lalu. Erawal dari itu tim inovator memberanikan diri untuk mengikuti berbagai perlombaan pada semua tingkat terutama dalam pengembangan Informasi Teknologi (IT).
Agus Sugiyo, S.Pd selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan mengatakan pada dasarnya hanya ada tiga buah peralatan yang dipakai dalam papan tulis interaktif tersebut. Adapun peralatan pendukungnya yaitu wiimote sebagai pembaca sensor infra merah, pena infra merah sebagai media untuk menulis dan proyektor yang berguna untuk memancarkan gambar.

Dari hasil semua itu memberikan bukti nyata bahwa SMK mampu berbicara juga dalam dunia teknologi seperti semboyan SMK Bisa, serta membawa nama besar Banyumas ke dalam kancah teknologi nasional yang ternyata memiliki banyak inovator yang kreatif. Hasil tersebut juga untuk memacu bagi sekolah-sekolah yang lain untuk selalu terus berinovasi terutama SMK sebagai ujung tombak peralihan teknologi. Terutama untuk Tim Inovator Teknik Komputer Jaringan SMK Tujuh Lima menjadi pemacu untuk lebih banyak lagi mengembangkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat terutama dunia pendidikan. Sekali lagi kesuksesan ini tercapai karena adanya kerja tim yang solid dari guru dan siswa Teknik Komputer Jaringan – SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto. Dengan semangat tinggi untuk membuktikan bahwa “ini baru TKJ” dan bukan “ini TKJ baru” meminjam istilah dari asesor akreditasi.
Untuk alat tersebut bersifat terbuka dan bagi sekolah yang tertarik dapat melihat atau meminta display untuk presentasi dengan menghubungi data dibawah ini untuk perkembangan dunia pendidikan yang lebih baik lagi.
Taufiq Ariefianto, S.Pd
Tim Pengembang Inovasi Teknik Komputer Jaringan – SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto
Jl. Margantara, Tanjung, Purwokerto
HP. 081327047570

Ingin tau kelanjutan dari prestasi jurusan tkj smk tujuh lima 2 purwokerto, klik di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s