blog yg membawa inspirasi bagi anak negeri

membuat roti dengan mudah


Siapa bilang roti dibuat dengan teknik tingkat tinggi yg hanya bisa dibuat oleh orang2 yg berpengalaman dan dengan alat2 modern….semua itu hanyalah omong kosong belaka….. karena kamu hanya membutuhkan 3 bahan utama untuk membuat sebuah roti….. ketiga bahan tersebut adalah tepung protein tinggi, ragi roti(fermipan), dan air.

seperti kalimat diatas sana, roti dibuat oleh 3 bahan dasar, 3 bahan dasar utama tersebut adalah tepung protein tinggi, ragi roti, dan air
fungsi ketiga bahan ini adalah
1. Tepung protein tinggi
tepung merupakan bahan utama, bahan yg membuat roti itu ada, lalu protein tinggi berfungsi sebagai bahan utama makanan ragi(makhluk hidup bersel 1)
Terus kalo bukan tepung protein tinggi efeknya apa? Efeknya ya si ragi minim makanan yg mengakibatkan roti mengembang tak maksimal…. tpi tetap mengembang kok, jdi jangan kawatir klo cuma ada tepung protein sedang ataupun rendah…..biasanya saya memakai tepung cakra kembar.
2. Ragi
ragi merupakan makhluk hidup bersel satu, hampir bisa dibilang seperti bakteri gitu deh, ragi memakan protein, gula, dan zat2 lain menjadikanya suatu zat yg lebih sederhana dan juga menghasilkan energi panas dan tentunya KENTUT….
loh kok kentut,….. iya kentut, bayangin aja deh, kenapa roti itu berpori2…. yups, itu adalah hasil dari ribuan makhluk hidup yg kentut sembarangan menghasilkan lubang2 udara……semakin banyak kentut yg dihasilkan, semakin membesar tuh roti…..(kaya niup balon)
Makanya ketika bahan roti kamu dibuat, terus dibiarin seharian, hasilnya ya bau kecut…..kaya bau tape gitu….. dicoba aja klo ngga percaya……
kalo ragi, saya pake merk fermipan

Oh iya, biar kentutnya ngga bocor, usahakan roti diadon sekalis mungkin,hasilnya kaya megang pipi kamu deh, kenyal tpi ngga sobek,semakin lentur adonan yg kamu buat, semakin banyak kentut yg terperangkap menjadikan roti membesar secara maksimal

3. Air
fungsi air itu ibarat perekat…..kamu ngga bakalan bisa meniup tepung yg masih kering ataupun yg terlaku basah….. klo masih kering ya tentunya raginya ngga bisa makan makananya, klo pun bisa makan tanpa air, tentunya gas kentutnya bakal langsung keluar melewati pori2 tepung yg kering,….. klo terlalu basah dalam artian ngga bisa dipegang oleh tangan maka kentut juga akan langsung keluar ke udara oleh karena itu maka yg tadinya kentut menjadi sebuah pup…wkwkwk
intinya kaya gitu….. kata2 diatas hanya perumpamaan saja, jdi jangan dianggap serius………. oh iya, klo adonan kurang air maka pengembangan adonan akan lambat tpi bentuk roti bakal keren, klo terlalu banyak air,Adonan cepat mengembang tpi hasil bentuk roti ngga terlalu bagus
……..
ketiga bahan roti di atas bila diolah dengan benar maka menghasilkan sebuah roti dengam rasa tepung ataupun pahitttttt…..pahitnya ya karna kentut tersebut,,,,wkwkwk
terus biar cuma ngga rasa tepung doang ditambahin apa dunk faozi?
4. Gula
yah gula Berfungsi sbgai zat perasa (rasa manis), pengawet (gula mengandung zat kimia yg mampu menghambat bakteri untuk tumbuh) ,penambah warna hitam( semakin banyak gula yg dipakai, semakin cepat hitam tuh roti) dan juga sebagai bahan tambahan makanan ragi…..
………
ada gula ada garam…oleh karena anda memasukkan gula, maka di anjurkan anda juga memasukkan garam.
5. Garam
garam berfungsi sebagai penambah rasa gurih dan juga sebagai penghambat ragi makan terlalu cepat…..namanya makhluk hidup, klo ada makanan enak (gula) kan pasti jdi doyan bgt makan, udah banyakkkkk, cepettt lagi, yg ada bakal tersedak dan kentutnya pun banyak…..wkwkwk….klo kebanyakan kentut dan tersedak, yg ada tepung bakal robek karna ngga kuat nahan baunya tuh kentut….wkwkwk
yg perlu di ingat,garamnya sedikit aja, klo kebanyaken nanti malah raginya ogah2an makan,yg ada jdi kentutnya bisa berjam2 setelah adonan dibuat…. ragi juga makhluk hidup, harus tetap diberi kasih sayang….wkwkwk
………
udah segini aja apa faozi bahan2ya? Sebenernya masih ada lgi, itu adalah butter
6.butter/ mentega/ blueband
terserah mau pilih yg mana, fungsinya sama aja kok, sama sama membuat roti tidak lengket ke loyang, ke tangan, dam juga memberi tekstur krispy…..yup, semakin banyak butter yg anda gunakan, semakin gurih dan kryspi roti yg dibuat….
perbedaan butter, mentega dan bluband menurut saya hanya terletak di aroma, rasa dan teksturnya saja…..jdi yg paling bagus si butter, tpi semuanya bebas kok, toh ini bukan bahan dasar membuat roti yg utama, tpi memang diperlukan untuk menjaga bentuk adonan dari lengket di tangan dan di loyang
…….
bahan dasar udah, bahan tambahan udah, yg belum adalah bahan penikmat,…. yups PENIKMAT, mau roti yg berteksur sangat lembut tambahin telur, mau roti yg berteksur sangat sangat lembut dan kokoh, tambahin bread improver*, mau tambahin rasa susu, tambahin aja susu bubuk ataupun susu cair…susu cairnya jangan yg manis yah, cukup yg rasa susu aja tanpa rasa manis,…. cthnya susu ultra

Ok kayaknya semua bahan sudah di sebutin, sekarang tinggal dibuat, pada dasarnya kegunaan2 bahan roti diatas sudah saya kasih tau sejelas2nya fungsi dan kegunaanya sebagai penyusun roti, oleh karena itu banyaknya bahan2 roti bisa anda ubah semau anda…. ini biasa yg saya buat dirumah
-bahan roti class sedang
*tepung cakra 250gr
*ragi 1 sendok makan (semakin sedikit semakin baik, namun semakin lama proses pengembangnya, suka2 kamu aja, tpi standarnya saya kurang dari 1 sendok makan)
*air 1 gelas ( airnya dimasukkin ke frezer dulu/tambahin es batu biar airnya dingin, semakin banyak air maka adonan semakin empuk, semakin minim air, semakin kasar roti yg dihasilkan, penambahan air bukan 1 gelas, tpi harus disesuaikan dengan tingkat kelengketan adonan, buat adonan jangan sampai lengket ditangan, tpi jga jgn sampai kekurangan air yg mengakibatkan adonan keras…., bayangkan kaya megang pupu kaki bagian belakang….wkwkwk
*gula 3-6 sendok makan, klo digoreng manisnya sedikit berkurang, klo dioven manisnya roti berkurang drastis,….jadi sesuaikan mau diapain tuh roti, sesuaikan jga sama bahan isinya yah bro, klo isinya roti manis, ada baiknya gula di adonan jangan terlalu manis
*garam 1 sendok makan, boleh diperbanyak boleh dikurangin, klo aku si setengah sendok makan, standarnya 1 sendok makan, tpi berhubung saya tipe orang yg make ragi sedikit jdi garamnya jga sedikit biar nunggunya ngga kelamaan
*butter 3 sendok makan….. klo yg ini no comment,karena ini suka2 kamu aja, berhubung kamu sudah tau fungsinya
*telur 1 yg kuningnya doang, klo telur biasanya ngga aku kasih, berhubung roti yg aku bikin, mau tak jual murah, tpi klo mau dimakan sendiri si suka2 kamu deh, karena teksturnya ngga beda2 jauh
…….
udah itu aja ya sob, bahan penikmat yg lain boleh ditambahin suka2 kamu, tpi jangan banyak2…. klo susu, gantiin saja airnya pake susu sekalian jadi enak tuh roti, tpi semua tergantung kemampuan masing2
…….
bahan isi bisa apa aja, misis, coklat,pisang,keju,gula dll, terserah kamu aja, klo aku misis merk sonic
…….

Cara membuatnya besok2 yah sob,…. atau bisa liat di om google aja….
makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s